BELANJA KEKINIAN BERSAMA AKULAKU

#HARPITNASKUY, #1000DapetSemua, #AkulakuKreditOnline, #JamanNow

20180615173335Di jaman now  pasti buat warganet Indonesia udah gak asing dengan istilah e-commerce. Yup, e-commerce merupakan kumpulan teknologi, aplikasi serta bisnis yang menghubungkan suatu perusahaan maupun perorangan. Singkatnya, e-commerce merupakan sebuah platform bagi orang-orang yang ingin melakukan transaksi secara online.

Kalau jaman dulu kita belanja pasti harus pergi ke toko/mall,belum lagi jalan mau ketempat tujuan pasti macet,  lalu harus mencari waktu yang tepat biar bisa berburu diskon, nah belum lagi ada barang impian tapi budget gak mencukupi, kalau mau kredit harus pakai kartu. Sedangkan kalau pakai kartu kredit harus ngurus dulu dan ribet, pokoknya gak efisien.

Kali ini, aku mau ngasih tau buat kalian salah satu situs atau aplikasi belanja online, yang mudah, gampang, terpercaya dan bisa kredit.  Yep, kalian gak salah baca, bisa KREDIT. Jadi gak perlu khawatir buat kalian yang suka belanja tapi budget nanggung, barang impian kalian bisa sampai ditangan dengan selamat, yaitu Akulaku. Selain itu di akulaku menyiadakan layanan kredit tanpa perlu pakai kartu, Hah serius? Serius deh, asal kamu sudah 17+ / memliki KTP kamu bisa menikmati fitur kredit tanpa kartu. Jadi, apa yang ditunggu?

Sedikit pengalaman aku belanja di akulaku, kali ini aku udah lama banget ngincer salah satu skin care yang harganya lumayan mehong buat kantong mahasiswa, akhirnya aku bisa beli skin care impian aku hore!! Berikut tahapan cara belanja di akulaku :

  1. Login dengan account akulaku

IMG_0936

Nah setelah log in, kalian akan dihadapkan dengan menu utama dari aplikasi akulaku, lengkap banget. Dari pembelina tiket , pemabayaran pulsa, paket data, wifi, token listrik dan membeli kebutuhan baik kecantikan sampe gadget lengkap. Dengan tampilan seperti ini, sangat memudahkan kita sebagai konsumen dalam melakukan transaksi.

  1. Pilih barang

IMG_0941

Setelah memilih barang yang ingin kita beli, kita akan diperlihatkan review baik produk, online shop serta tanggapan pembeli, jadi gak perlu takut kalau misalnya ditipu, pasti aman dan terpercaya.

  1. Konfirmasi pesanan

 

 

 

Kalian bisa memilih jumlah pesanan dan harga yang tercantum sudah termasuk ongkir. Selain itu, akulaku  bisa menawarkan kredit tanpa kartu, nah untuk itu kita harus bayar DP/uang muka yang tertera dilayar, lalu ada plihan jangka waktu kredit produk. Jika kalian ingin melakuakn kredit, ada beberapa tahapan yang perlu dilewati, seperti verivikasi KTP, melampirkan no orang penaggung jawab, verifikasi data diri dan lain sebagainya dan melampirkan NPWP. Caranya mudah dan cukup efisien.

  1. pembayaran dan alamat
IMG_0947
pilihan metode pembayaran/kredit pada akulaku

Setelah kita pilih untuk mau kredit ataupun cash, kita bisa klik bayar. Nah sebelum meluncur metode pembayaran kita harus mengisi alamat yang akan dituju. Seteah itu, kita akan memilih metode pembayran. Nah, di aplikasi akulaku ini lengkap banget pilihan pembayarannya baik lewat virtual account,e-banking,  transfer maupun offline. Jadi gak perlu cemas, buat kalian yang tidak memiliki kartu atm/kredit bisa bayar lewat platform offline yang tersedia.

Setelah aku belanja di akulaku, itu responya cepat, mudah dan bener-bener aman banget. Sebagai konsumen aku pasti paling hati-hati deh sama yang namanya transaksi online, tapi belanja di akulaku bisa jadi alternative aku kalau mau beli barang secara online. Selain itu, di akulaku ada layanan chat ke owner olshop-nya, sehingga kita bisa mastiin barang yang kita mau itu original dan stock-nya masih tersedia atau enggak.

Oh iya, buat kamu yang suka nyari promo. Akulaku ini, punya promo tahunan yang namanya Harpitans. Apa tuh Harpitnas? Harpitnas adalah Hari Pesta Kredit Nasional yang akan diselenggarkan 20 Agustus – 11 September 2018.

Denger-denger banyak promo menarik nih, apa aja ya?

Selama periode berlangsung, akulaku  akan memanjakan kita dengan berbagai pilihan produk yang dapat diraih hanya dengan Rp. 1000 saja setiap harinya, wah kebayang dong kalau semisal ada barang yang lagi kita idam-idamin eh harganya bisa semurah itu. Selain itu, mulai dari tanggal 20 Agustus  akulaku juga sebagai aplikasi virtual akan menjadi yang pertama memberikan kompensasi apa bila limit kredit kalian ditolak berupa uang cash dengan total hingga  Rp. 880.000.

Duh jadi gak sabar banget pengin ikutan Harpitnas 2018. Aku perlu siapin amunisi sepertinya agar bisa ikutin Harpitnas 2018, dengan memperpanjang masa limit kredit (siapa tau, ada promo lewat kredit hihi) + kuota berlimpah agar gak ketinggal promo-promo menarik lainnya. Nah ini dia pengalaman aku belanja dengan akulaku, bagaimana denganmu?

#HARPITNASKUY, #1000DapetSemua, #AkulakuKreditOnline, #JamanNow

 

Iklan

BEDAH BUKU MELAWAN KONSPIRASI GLOBAL DI TELUK JAKARTA DAN FAKTA KONSPIRASI KONTRAK JICT

1eff4a84-e1c4-4ba9-9608-4e12b5717ec8.JPGIndonesia merupakan negara yang terkenal dengan letak yang sangat strategis. Terdiri dari pulau-pulau yang diselimuti lautan sebagai batas. Indonesia terkenal dengan julukan negara maritim. Karena itulah pelabuhan merupakan salah satu akses yang sangat dibutuhkan untuk masyarakat Indonesia, terutama untuk transaksi seperti pelabuhan peti kemas Tanjung Priok dan Koja. Tentu kita tahu bahwa pelabuhan tanung priok ini merupakan elabuhan terbesar di Indonesia.

Sedikit gambaran tentang pelabuhan peti kemas Tanjung Priok. Pelabuhan yang tidak pernah sepi dari aktivitas keluar masuk truk pembawa peti kemas, kegiatan eksport-import, pengirimana barang dan lain sebagainya. Selain itu, nilai sejarah yang terkandung di dalamnya tidak pernah lepas bagi ingatan masyarakat Indonesia. Sehingga pelabuhan Tanjung Priok bukan hanya sekedar tempat pelabuhan peti kemas saja.

C8F857C6-3021-4D3B-97A8-DAC8A205BCB6.JPG
Buku Melawan Konspirasi Global di Teluk Jakarta

Kali ini, saya akan bahas tentang bedah buku melawan konspirasi global di Teluk Jakarta karya Ahmad Khoirul Fata. Bertepatan di Sanggat Maos Tradisi (SMT), Kab. Sleman, Yogyakarta menjadi tempat acara berlangsung tepatnya pada Rabu, 15 Agustus 2018. Tentunya acara ini dihadiri oleh pembicara dari narasumber dari berbagai bidang baik di bidang akademis Dr. Aries Arief Mundayat selakau dosen Lembahanas , ketua federasi pekerja pelabuhan Indonesia Nova Sofyan Hakim dan pengamat sosiologi Dr. Arie Sujito. Dipandu oleh Ahmad Fadli selaku moderator acara ini.

Sebelum membuka acara ini ada sambutan dari bapak Firman selaku anggota SP JICT, “SP JICT akan melakukan roadshow ke kota-kota agar masyarakat mengetahui bahwa pelabuhan harus dikelola oleh anak bangsa sendiri.” “Kami bukan anti investasi asing, tapi kami ingin pelabuhan dikelola oleh Indonesia sendiri.” Dalam penuturnya, Jelas bahwa masalah yang ada pada pelabuhan Tanjung Priok bukan permasalahan sepele.

“Kami tertarik menulis buku Konspirasi Global Teluk Jakarta karena ini adalah isu global yang terpenting, bahan satu dus kami terima. Kami melakukan riset dan wawancara. Bahakan kaca mobil mas Nova sampai ditembak, ada yang di PHK, dan terror lainnya.” Jelas Bapak Ahamd Khoirul. dari penuturan beliau, bisa diindikasi bahwasanya ada kecenderungan aset-aset JCIT dan TPK Koja dijadikan sebagai jaminan hutang. Karena dijadikan jaminan, ada kemungkinan aset besar seperti ini akan jatuh ke tangan asing.

Pada awalnya, PT Jakarta International Container Terminal (PT JCIT) dan PTK Koja ini dikelolaoleh Pelindo II (PT. Pelabuhan Indoesia) dan merupakan golongan anak perusahaan tertua yang dikelola oleh Pelindo II. Namun, nasib baik tidak dialami keduanya. Karena sekitar 51% saham PT JCIT dikuasi pihak Hutchison sejak tahun 1999 dan sama halnya dengan PTK Koja 49% saham dikuasi oleh Hutchison. Karena itulah, para anak bangsa ingin memperjuangkan agar kedua pelabuhan ini bisa dikelola oleh Indonesia itu sendiri.

Kenapa harus dikelola oleh anak bangsa? Karena kualiats dari pekerja Indonesia tidak kalah hebat dengan tenaga luar bahkan telah menciptakan penghargaan dikanca internasional, seperti AFSCA/AFLA dengan kategori “Terminal terbaik di Asia kategori kapasitas dibawah 4 Juta TEUs” pada tahun 2011, 2012, 2015 dan 2016. Dari prestasi itu, tak sedikit banyak orang luar yang belajar kepada mereka.

Focus dari bedah buku ini  terletak pada rekam jejak kasus JICT. Dalam buku ini dijelaskan bahwa adanya penyelewangan kontrak antara Dirut Pelindo II dengan Hutchison. Dalam buku ini menyatakan bahwa kontrak keduanya berakhir di tahun 2019. Dengan itu, negara bisa mendapat keuntungna sekitar Rp 30 teriliun hingga 36 Teriliun apabila JICT dikelola oleh anak bangsa. Adapun perpanjangan kontrak ini terjadi pada 5 Agustus 2014, lima tahun sebelum masa kontrak pertama habis. Ini jelas melanggar UU No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran.

Menurut Dr. Rizal Ramli Mantan Menko Kemaritiman (Melawan Konspirasi Global di teluk Tanjung Jakarta, 2018:9)  “Dalam pasal 82 UU, disebutkan Otoritas pelabuhan (OP) sebagai walik pemerintah adalah pihak memberikan konsesi pada pelabuhan kepada badan usaha. Dengan begitu, seharusnya Pelindo II melakukan perpanjangan kontrak dengan izin OP. Namun, tidak pernah Pelindo II melakukan perpanjangan kontrak dengan HPH 24 tanpa melibatkan OP, yang merupakan tangan dari menteri perhubungan.”

Lalu Dr. Arie Sujito mempertanyakan, “Apakah  power maping dalam struktur kekuasaan dalam politik BUMN bisa diperjelas?” dan apakah BUMN yang penuh prestasi seperti, tenaga kerja yang banyak serta saham yang besar harus jatuh ke tangan asing? Sepertinya pejabat-pejabat BUMN harus di re-form lagi dan harus dibersihkan dari praktek politik kotor dan KKN agar perusahaan BUMN yang lain tidak jatuh ke tangan asing.

Saya sendiri merinding membayangkan bagaimana, praktek kotor seperti ini akan terus menggerogoti perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia. Bukannya, akan semakin membuat perkekonian masyarakat semakin melarat? Selain itu, angka kesenjangan social di Indonesia semakin tinggi sehingga dorongan seseorang untuk melakukan kriminalitas semakin tinggi. Hal-hal menyangkut isu seperti ini harus dipublikasi ke masyarakat, agar mereka mengathui bagaimana keadaan perekonomian di Indonesia. Jangan sampai hal seperti ini yang terjadi seperti kasus Pelabuhan Hambatonta, Sri Langka.

Saatnya pemerintah harus mengusut tuntas kasus ini, jangan sampai pelabuhan terbesar milik Indonesia harus jatuh ketangan asing. Apalagi dari income yang didapat dalam pelabuhan itu sangat bernilai fantasitis, dimohon kepada Menteri Perhubungan maupun menteri BUMN berserta KPK usut tuntas kasus ini, sehingga negara kita dapat menikmati hasil yang telah ditanam.

#DaulatMaritimNKRI

Diet GM: Inovasi terbaru untuk menurunkan berat badan

Bekasi, 18 April 2017

diet-plan-weight-loss
source by google

HAI Reads! Balik lagi sama aku, mungkin sebagian besar kalian udah gak asing atau mungkin masih belum tau tentang diet GM. Apasih tuh diet GM? Eits, bukan  General Manager. Diet GM atau diet General Motors adalah sebuah inovasi diet yang dikemukakan oleh sebuah perusahaan otomotif di  Amerika serikat, yang telah diuji oleh John Hopkins Research Center. Diet ini dilakukan selama 7 hari saja. Percaya atau tidak, diet ini ampuh menurunkan berat badan sampai 5-8 kg.

Metode dalam diet ini sebenernya hampir mirip dengan diet mayo, Cuma bedanya kalo diet mayo itu dilakukan dalam 14 hari sedangakan diet GM ini hanya 7 hari dan hanya boleh dilakukan dalam satu bulan sekali. Diet GM ini memfokuskan kita untuk mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung karbohidrat olahan. Dalam metode diet ini, kita difokukskan untuk mengkonsumsi makanan tinggi akan serat, karbohidrat kompleks dan protein juga mengurangi  makanan yang mengandung garam yang tinggi.

Tapi, gimana tanggapan para ilmuan atau ahli gizi tentang diet yang satu ini? menurut beberapa situs kesehatan yang aku baca, banyak para ahli gizi yang beranggapan bahwa metode diet ini kurang baik, bahkan bisa memicu kerusakan metabolisme dalam tubuh. Dikutip dari, m.detik.com/wolipop/read/2016/02/22/184656/3148353/849/gm-diet-masuk-kategori-pola-diet-coba-coba-dinilai-kurang-sehat “Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, GM Diet yang juga diklaim berkhasiat untuk detoksifikasi ini masuk dalam definisi program ‘coba-coba’ yang sebaiknya dihindari. Tida menyertakan olahraga, menghilangkan satu-dua komponen nutrisi dan menurunkan berat badan secara signifikan dalam waktu singkat merupakan tiga faktor yang masuk dalam kategori diet berbahaya.

Mengambil juga pendapat dari pakar nutrisi Elaine Turner di University of Florida, berat badan yang berkurang, sebagian besar karena tubuh kehilangan banyak air. Bukan karena lemak atau kalori yang terkikis. Sehingga penurunan berat badan yang terjadi bisa dibilang ‘semu’. 

Selain itu menurut studi dari Harvard School of Public Health, program penurunan berat badan seperti GM Diet belum tentu berhasil pada setiap orang. Mengingat kondisi masing-masing orang berbeda maka dari itu diperlukan program diet yang berbeda pula.”

Pastinya Reads, apapun  metode diet yang kita coba sebeneranya memilki efek samping tersendiri. Tapi, buat kamu yang ingin coba dan penasaran dengan metode diet ini. Bisa simak jadwal diet GM dibawah ini:

 

  • Hari Pertama

Pada hari pertama, kita difokuskan hanya mengkonsumsi buah-buahan saja dan hindari pisang. Perbanyak konsumsi buah yang mengandung air seperti semangka. Dan perbanyak konsumsi air putih

aneka-resep-jus-buah-untuk-maag
source google
  • Hari Kedua

Dihari kedua, kita hanya diperbolehkan mengkonsumsi sayuran, baik yang masih mentah atau pun matang seperti, tumis-tumisan atau soup. Dan perbanyak konsumsi air putih

sayuran-segar-dan-fresh
source google
  • Hari Ketiga

Pada hari ketiga, kita diperbolehkan untuk mengkonsumsi sayur dan buah hingga kenyang. Tapi masih hindari buah pisang ya dan perbanyak konsumsi air putih

buah-dan-sayur
source google
  • Hari keempat

Dihari keempat, kita hanya mengkonsumsi susu dan pisang. Apabila salah satu dari kalian yang punya alergi susu sapi, bisa diganti oleh susu kedelai dan buat kalian yang gak suka dengan buah pisang bisa diganti dengan buah kiwi,melon ataupun jambu klutuk. Air putih jangan sampai terlewat ya

cf12a0b111065b0c9d32dc9a6b473de2
source google
  • Hari Kelima

Dihari keliama, kita mengkonsumsi daging, ikan dan tomat. Sediakan 500gr daging sapi dana 6 buah tomat, daging sapi boleh diganti dengan daging ayam tanpa kulit. Dan tingkatkan konsumsi air putih

meat-tomato-15005173
source google
  • Hari keenam

Dihari keenam, kita wajib mengkonsumsi daging, ikan dan sayuran. Kombinasikan antara daging atau ikan dengan sayuran, boleh makan sampai kenyang. Tingkatkan konsumsi air putih

Fillet of white fish and vegetables
source google

 

  • Hari ketujuh

Dihari ketujuh atau terakhir, kita mengkonsumsi beras merah, jush buah dan sayuran. Boleh makan seperti biasa dengan menu utama yaitu, beras merah, jus buah dan sayuran.

65.JUS_
source google

 

Itulah jadwal diet GM selama 7 hari. menurutku sih, aku gak berani untuk melakukan diet semacam ini. Karena resiko untuk bertambah gemuk pasca diet ini lebih besar. Apalagi kalau sulit untuk mengendalikan pola makan setalah bebas dari jadwal  diatas.

Sekian dari aku, maaf apabila ada informasi yang kurang atau terlewat. Semoga tulisan tentang diet GM bisa membantu kalian yang ingin mengurangi berat badan, tapi sebaikanya konsultasi dulu dengan pakarnya. Sekian dari aku, sampai jumpa diartikel selanjutnya, BYE!

Source by : http://m.detik.com/wolipop/read/2016/02/22/184656/3148353/849/gm-diet-masuk-kategori-pola-diet-coba-coba-dinilai-kurang-sehat

                  https://youtu.be/cJedPQEKV1A [DIET GM: Turun 5-8 kg Dalam Seminggu Tanpa Rasa Lapar]

 

Berbagi Ilmu bersama Bank Mandiri

Minggu, 16 April 2017

IMG_4447
doc.Pribadi
Hai Reads! kali ini aku mau berbagi pengalaman waktu  mendatangi event Mandiri Edukasi oleh Bank Mandiri pada Sabtu, 15 April 2017 yang bertempat di Excelso, Summarecon Mall Bekasi. Disini aku mendapatkan banyak ilmu dari para pembicara dan keseruan dari para bintang tamu dan hadirin yang datang.  Aku juga bertemu dengan beberapa teman baru, Alhamdullilah orang-orang disini ramah-ramah, dari MC, narasumber, sampai tamu yang datang.

Pasti kalian bertanya-tanya dong, seseru apasih event yang aku hadirin. Pertama aku dan tamu yang lain disuguhi dengan jamuan makan siang dengan menu andalan Excelso. Disini aku disuguhi dengan dua varian mene, yang satu pasta dengan olahan aglio lio dan satu lagi Dory En Oats dengan minuman Taro Frappio dan Blossom Smoothies.  Disini aku pilih Dory En Oats dengan Blossom Smoothies. Jadi Dory en oats itu semacem fish and Chips. Satu kata dari hidangan yang disajikan, ENAK.

Setelah jamuan makan siang, acara pun dimulai dengan suara merdu dari MC kondang kita Mas Tommy Prabowo. Dengan pembawaanya yang humoris membuat suasana event Mandiri Edukasi menjadi lebih berwarna dan hidup. Setalah berbincang-bincang,  Mas Tommy pun mempersilahkan  Ibu Nita Oktavianin selaku Vice President Bank Mandiri untuk memberi pembuka acara event ini. Beliau sangat murah senyum, selama pembukaan beliau tetap tersenyum dan melempar beberapa guyonan kepada tamu yang datang, selain itu beliau juga menyampaikan garis besar acara ini dan memperkenalkan beberapa anak perusahaan yang ikut serta dalam event ini yaitu, Mandiri Syariah dan Tunas finance.

Setelah pembukaan yang hangat dari Ibu Oktaviani selaku Vice President Bank Mandiri, dilanjut dengan cooking class dengan Chef Lucky Andreono atau yang sering dipanggil dengan Chef Lucky. Beliau merupakan finalis dari Master Chef season satu dan dulu aku ngikutin banget acara televisi itu. Bisa melihat secara langsung sosok Chef Lucky merupakan sebuah keberuntungan buat aku, apalagi melihat beliau masak secara live. Disini Chef Lucky membuat dua menu masakan yaitu, Banana Colada dan Marocco Beef soup.

IMG_4451
doc.Pribadi
Senengnya aku bisa dapet resep baru dari Chef ternama, ternyata cara pembuatan Banana Colada dan Marocco Beef Soup tuh mudah banget dan bahan-bahannya cukup mudah untuk dicari. Selama sesi cooking class banyak banget tamu undangan yang bertanya-tanya seputar kedua menu tersebut. Dan ada satu pertanyaan yang menarik banget buat aku dari salah satu komunitas ibu-ibu PKK, “Chef, itu soupnya bisa gak kalo daging sapinya diganti ikan gabus?” sontak satu ruangan tertawa dengan pertanyaan spontan si Ibu ini.

Dan dijawaba Iya oleh Chef Lucky dengan sisa tawa diwajahnya. Ohya, buat kalian yang penasaran dengan resep banana Colada dan Marocco Beef Soup bisa klik di  owllideas.wordpress.com/…/banan-colada-dan-marocco-beef-soup-by-chef-lucky . setelah masakan sudah siap, Chef Lucky bersama Mas Tommy  dan sebagian crew membagikan hidangan. Hidangan yang pertama kali adalah Banana Colada,

IMG_4456
doc.Pribadi
pas liat potongan pisang yang sudah dilumuru dengan saus Coladanya itu menggiurkan banget dengan buah strawberry sebagai dressingnya bikin tampilan dari si Banana Colada ini cantik banget. Gak mau buang kesempatan, aku memotong kecil daging pisangnya berserta saus Colada, rasanya  manis dari pisang yang dicampur dengan saus Coladanya tuh juara banget. Dimulut terasa lumer pokonya menu ini cocok banget buat nikmatin santai dikala weekend.

Setelah Banana Coladanya tandas, gak perlu waktu lama si Moroccan Beef Soup hadir. Dari yang manis-manis kita beralih ke yang gurih-gurih dan kaya

IMG_4459
doc. Pribadi
akan rasa rempah. Warna merah dari kuah soup morrocan ini bikin penasaran, karena ini pertama kalinya aku nyobain varian soup yang kuah utamanya tuh dari tomat. Gak mau nunda dong, aku pun menyendok Moroccan Beef soup. Pas nyentuh lidah tuh rasanya seperti saus Bolognese Cuma ada rasa rempah dari jinten dan kunyit dan wangi seledrinya kentara banget. Rasanya enak dan cocok buat pas disantap pas hujan.

Nah, ada info menarik nih. Selain menjadi seorang Chef, Chef Lucky juga seorang food consultant. Apasih food consultant? Food consultant adalah seorang tenaga professional yang menyediakan jasa nasihat untuk orang-orang yang ingin membuka usaha dibidang kuliner, seperti konsep menu dan design resto itu sendiri. Jadi mungkin kalau kalian ada yang mau buka usaha kuliner bisa bertanya dengan Chef Lucky.

IMG_4460
doc.Pribadi
Setalah sesi cooking class dan nikmatin masakan dari Chef Lucky kita beralih keacara utamanya. Dipandu oleh Mas Mauli selaku Financial Planner, wah pasti kalian udah tau dong dari latar belakang mas Mauli beliau mau bahas apa? Yep, Perencanaan keuangan yang baik dalam berumah tangga. Topik yang sangat menarik menurut saya, meskipun saya belum menikah. Tapi ini bisa saya aplikasikan atau saya beritahu ibu saya dirumah agar keuangan dirumah bisa stabil.

Mungkin selama ini kita sering bikin pembukuan pengeluaran dalam sebulan kan. Yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Pasti sebagian dari kita semua akan menyetujui cara penulisan diatas. Pertanyaanya, apa itu cara penulisan atau pembukuan keuangan yang benar?

Jawabannya, kurang tepat. Kenapa kurag tepat? Menurut Mas Mauli, sebanyak apapun pendapatnya, tarulah Infaq/Zakat dipemasukan. Karena sebagai seorang muslim, ada kewajiban untuk memeberikan 2,5% dari total penghasilan kita untuk saudara kita yang membutuhkan. Setelah dikalkulusasi dan ketahuan berapa pendapatan kita selama sebulan baru kita pecah pendapatan kita.

Nah sekarang aku mau memberi tips-tips Perencanaan Keuangan ala Mas Mauli:

  1. Buatlah catatan keuangan Keluarga yang terdir dari:

– Arus Kas : Arus kas ini berisi tentang Kas masuk dan Kas keluar. Nah pasti disini, terutama ibu-ibu udah gak asing dong dengan arus kasnya kemana aja. Tapi, apakah kita sudah kepikiran untuk berinvestasi? Pasti jawabannya rata-rata, ya tunggu ada sisanya. No! tapi kita harus sudah mensisihkan uang kita untuk diinvestasikan.  Jadi jangan sampai tunggu uang sisa ya.

IMG_4468.JPG
doc. pribadi

-Neraca : Neraca ini berisi tentang kondisi kekayaan (Aset dan Kewajiban). Ingat ya jangan menyepelekan masalah aset apalagi kewajibannya. Wah bisa bahaya. Setalah dicatat, sekiranya bisa dilihatkan seberapa banyak aset yang kita miliki dan seberapa besar kewajiban kita.

IMG_4469.JPG
doc. Pribadi

2.Proteksi Aset

Aset utama dalam sebuah keluarga itu adalah kondisi kesehatan anggotanya. Karena kita semua gak ada tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Contohnnya, apabila ada anggota keluarga yang sakit pasti kita perlu beorabat. Nah, di jaman sekarang itu kebutuhan serba mahal apalagi masalah kesehatan. Sehat itu mahal, tapi kita gak ada yang bisa menjamin kedepannya gimana? Maka dari salah satu cara memproteksi Aset kita dengan Asuransi. Selain bisa mengcover dana kesehatan juga bisa untuk dana perencanaan pendidikan anak. Gak cuma anggota keluarga aja aset yang perlu dijaga, melainkan aset-aset yang lain yang berupa property (Rumah, apartement, Villa dll) dan kendaraan.

  1. Memulai Investasi

Ada beberapa point yang mesti dicatat untuk kita semua yang ingin memulai investasi yang terdiri dari:

IMG_4471.JPG
doc. Pribadi
*Tujuan Investasi, pada saat kita ingin berinvestasi kita harus memikirkan tujuannya. Sekiranya buat apa dana investasi tersebut.

*Jangka waktu, Kita harus memikirkan dana investasi itu untuk jangka waktu kapan? Biasanya orang berinvestasi itu untuk dimasa pensiun nanti. Gak mau dong, disaat usia senja kita masih kepikiran beban finasial?

*Profil resiko, Pada saat kita ingin berinvest. Usahakan kenali kemampuan diri kita, invesratsi itu memang bagus namun, setiap tindakan pasti ada resikonya. Carilah peluag investasi yang memiliki resiko yang minim dan sesuai dengan kemapuan diri.

*Alokasi Investasi, sebaik-baiknya investasi, jangan dijadikan kedalam satu wadah. Karena setiap penempatan aset itu berbeda, sesuaikan penempatan aset yang kita miliki dengan klasifikasi yang tepat dan sesuai dengan jumlah, resiko, keuntungan, jangka waktu dan juga cara pengelolaan investasi itu sendiri.

*Tinjauan Periodik, pantaulah perkembangan investasi secara periode. Untuk mengoptimalkan imbal hasil sesuai dengan tinjauan yang sudah ditetapi.

  1. Dana Darurat

IMG_4473.JPG
doc. Pribadi
Dana darurat adalah dana yang jumlahnya sudah kita pisahkan yang dipakai apa bila ada keadaan yang sifatnya genting/darurat. Contoh kecilnya, pada saat melajang. Sesorang harus menyisihkan sebagian pendapatnya pada dana darurat sekiranya bisa untuk tiga bulan kedepan. Apabila sudah menikah tambah satu bulan, jika sudah memiliki anak ditambah satu bulan. Fungsinya disini adalah kita memiliki pegangan apa bila ada kejadian darurat yang menyerang. Takut-takut dana Asuransi belum bisa cair diwaktu yang tepat.

  1. Bijak dalam berhutang

IMG_4475.JPG
doc. Pribadi
Ini adalah masalah paling kursial apalagi untuk kaum hawa. Duh, pasti yang namanya kalo liat diskon atau tag line sale pasti bawaanya ingin belanja. Yang sebenernya belum tentu barag-barang tersebut memang yang kita butuhkan. Gimana sih biar bisa bijak dalam berhutang atau menggunakan kartu kredit.

– Hindarilah melewati toko yang menjual barang favorite kita. Terdengar sulit, meskipun kita udah bertekad gak ingin belanja tapi, kalau sudah lewat store yang jual barang favorite. Hm runtuh sudah niat.

– Ingat-ingat barang koleksi dirumah. Semisalnya kita gak sengaja masuk ke toko baju favorite dan ada koleksi new arrival. Coba saat kalian sebelum membeli barang tersebut, ingat-ingat sudah berapa banyak koleksi baju dirumah setelah itu pergi dan tinggalkan store tersebut.

Yang paling terpenting saat kita ingin Bijak dalam berhutang adalah mampukah diri kita untuk membayar tagihan-tagihan itu semua. Jangan sampai kita mengikuti hawa nafsu dan berujung kemalapetakaan.

Itu adalah tips dari mas Mauli selaku Financial Planner dalam mengatur Perencanaan Keungan. Sebelum mengakhiri sesi berbincang, beliau mengutip sebuah quotes dari kompas yang berbunyi “Jangan menunggu kaya untuk berinvestasi, melainkan berinvestasi untuk menjadi kaya.”

Setelah sesi perbincangan yang sangat menarik, Mas Tommy memberikan kesempatan untuk para tamu yang hadir untuk bertanya kepada Mas Mauli seputar topik pembahasan dan terntyata tiga pertanyaan yang menarik akan mendapatkan e-money dari Bank Mandiri. Wah, antusias para tamu bisa diacungi jempol. Banyak banget mereka yang bertanya sampai aku sendiri gak dapat giliran bertanya. Setelah beberapa pertanyaan yang dilontarkan para tamu, Mas Maulipun menjawabnya dengan sabar dan dibarengi guyonan sehingga sesi tanya jawab itu tidak terkesan kaku melainkan seperti sharing pengalaman.

 

Setelah sesi tanya jawab ditutup, sekarang giliran door prize untuk 10 orang yang berutung akan mendapatkan e-money. Sedikit berharapaku bisa menjadi salah seorang yang beruntung. Namun, aku belum berutung tapi gak masalah, aku tetap senang dengan euphoria yang terciptakan di event Mandiri Edukasi.

 

Sekian dari pengalaman aku mengikuti Event Mandiri Edukasi, semoga dari tulisan aku ini ada info yang bisa bermafaat untuk kita semua. Maaf apabila ada informasi atau kaliamat kurang dipahami. Dan sampai jumpa diartikel selanjutnya, BYE!

BANANA COLADA dan MAROCCO BEEF SOUP BY CHEF LUCKY

Minngu, 16 April 2017

Haiii Reads, ini ada sepenggal resep dari Chef kondang kita yaitu Chef Lucky yang aku dapetin waktu event Mandiri Edukasi, menu ini tuh emang simple dan mudah dibuat dirumah. Apalagi disantap bareng bersama keluarga/pacar/sahabat/friendzone-an siapapun dikala weekend. Yuk cus ke resep,

RESEP BANANA COLADA

IMG_4456
doc.Pribadi

Bahan:

-pisang (usahakan pisang yang digunakan itu yang tidak terlalu matang)

-santan

-gula cair

-essence rum (buat yang satu ini tenang aja, essence rum free alcohol)

-palm sugar

-Butter

Cara membuat:

1.kita akan membuat saus Coladanya, siapkan Teflon anti lengket panasakan santan ditambah gula cair lalu aduk dan jangan sampai pecah. Tambahkan essence rum secukupnya. Setelah tercampur rata, matikan kompor dan dinginkan saus coladanya.

  1. siapkan Teflon pansakan diatas api yang sedang, masukan butter tunggu hingga mencair. Masukan pisang yang sudah dipotong memanjang dan taburkan gula palm sugar diatas potongan pisang, tujuan gula ini adalah agar menciptakan caramelize pada pisang dan memberikan rasa manis.Lakukan hal yang asama disisi pisang yang lain. Setelah kedua sisi pisang sudah berubah warna agak kecoklatan, angkat dan taruh dipiring yang sudah disediakan. Lalu tambahkan saus Colada diatas potongan pisangnya dan tadaaa Banana Colada bisa disantap.

 

RESEP MORROCO BEEF SOUP

IMG_4459
doc. Pribadi

Bahan:
-daging sapi (bisa diganti dengan ayam, ikan atau kambing sesuai selera) potongan rawon

-butter/olive oil

-jinten

-merica bubuk

-tomato pure

-bawang bombai

-garam dan lada

-lobak

-wortel

-seledri

-kaldu ayam

Cara membuat:

1.panaskan panci, lalu tambahkan butter tunggu hingga meleleh dan masukan bawang bombai. Tumis hingan layu

2.masukan wortel dan lobak yang dipotong dadu lalu tumis. Tambahakan daging sapi (sedikit tips, pakailah daging sapi bagian khas dalam. Karena mudah empuk),tambahkan garam, lada dan merica bubuk lalu aduk hingga rata

3.masukan tomato pure,tambahkan sedikit palm sugar (optional), tambahkan kaldu ayam dan aduk hingga rata

4.tambahkan potongan seledri aduk sebentar dan Morocco soup bisa dihidangkan.

Sedikit tips, pada saat pemakaian tomato pure itu bukan saus tomat. Jadi jangan diganti dengan saus tomat karena mereka memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dan untuk kaldu ayamnya, ini bukan kaldu bubuk melainkan air kaldu ayam.

– Cara membuat Tomato pure itu sangat mudah, pertama kupas kulit tomat dan blander kasar lalu tambahkan gula sedikit.

-Cara membuat kaldu ayamnya, rebus tulang ayam dengan seledri dan bawang bombai. Rebus hingga warna airnya berubah pucat atau sedikit menguning.

Sekian resep yang dari resep Banana Colada dan Morocco beef soup ala chef Lucky, semoga ini bisa menjadi refrensi resep buat kalian yang ingin sesuatu yang baru. Dan sampai jumpa di artikel berikutnya, BYE!

4 Ways Mix n Match Jacket Jeans (Women)

Bekasi, 9 April 2017

Hai Reads! Kali ini aku mau bahas tentang mix n match jacket jeans. Pasti buat kalian gak asing dong dengan salah satu fashion item yang satu ini. Jaket ini termasuk salah satu fashion items unisex, baik para perempuan dan laki-laki bisa menggunakan fashion item ini. Karena fashion items ini mudah untuk dimix n match dengan pakaian yang ada dilemari baju kalian dan bisa dipakai kapan aja.

Tapi, aku mau kasih tips buat kalian para perempuan, terutama  kalian yang aktif dan memilliki sejuta aktivitas.  Baik dikampus ataupun diluar kampus dan tetap ingin terlihat stylish bisa intip tips dan trick dari aku:

4 ways to mix n Match Jacket Jeans

  1. Get ready with Sneakers

                Buat kamu si pecinta sneakers bisa banget mix n match jacket jeans kamu dengan salah satu koleksi sepatu sneakers kalian.  Biar tampilan kamu sedikit boyish bisa kamu padukan dengan T-shirt polos dan jeans hitam kamu.

           e84ca36ac4eafae0463357befb63ca28

  1. Play with Dress

Siapa bilang jacket jeans Cuma bisa bikin tampilan boyish? Hilangkan stereotype itu dengan dress. Yep, buat kamu yang ingin tampil feminim bisa memadukan jacket jeans kamu dengan little dress  favorite kamu, padukan juga dengan platform dan tambahkan aksesoris favorite kamu seperti gelang/necklace/fedora agar bisa memaksimalkan gaya kamu.

howtowearoversizeddenimjacket5

  1. oxford shoes, why not?

Buat kamu pecinta vintage pasti gak asing dengan sepatu ini, Oxford shoes. Design klasik dari sepatu ini bisa buat kamu yang ingin tampil simple dan sedikit formal. Kamu bisa padukan oxford shoes kamu dengan celana jeans hitam dan white shirt plus jacket jeans favorite kalian.

  1. Dare with Flared Skirt

Buat kamu yang mungkin kurang pede dengan little dress dan ingin tampil feminim, don’t worry.  Kamu bisa memadukan jacket jeans dengan Flared Skirt. Maximalkan tampilan kamu dengan white shirt dan ankle boots.

7haj58-l

Sekian tips dari aku dan masih banyak banget refensi untuk mix n match jacket jeans favorite kalian, aku harap  tips dari aku bisa membantu kalian dan mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang dipahami. Sekian dari aku, sampai jumpa diartikel selanjutnya, Bye!

Source Picture By :https://www.google.co.id/search?q=street+style+jacket+jeans+with+dress&oq=stre&aqs=chrome.0.69i59j69i57j69i59l2j69i60j69i59.12046j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8


 

5 Must have Outerwear for Men

Jakarta, 5 April 2017.

 Hai Reads! Selamat datang di lamanku, ini adalah ulasan pertamaku dan aku harap artikel yang aku tulis bisa membantu kalian yang mungkin atau kebetulan lagi mencari refrensi.

Gak bisa dipungkiri, dijaman sekarang dunia fashion kian meningkat pesat, khusunya Indonesia. Bisa dibilang saat ini Indonesia mulai melebarkan sayapnya dibidang industry creative, salah satunya dibidang fashion. Saat ini, trend berpakaian tidak melulu berfokus untuk kaum hawa aja, bahkan banyak banget fashion item yang diperuntungkan untuk kaum adam.

Fashion items itu banyak banget mulai dari atasan (Top), bawahan (bottom), luaran (outerwear), aksesoris (accessories) dan banyak lagi. Kali ini aku bakal bahas outerwear for men, karena sebagian dari kaum adam banyak yang berpusat dengan Kemeja, kaus dan celana jeans/bahan. Simple. Tapi,  aku mau kasih tips untuk kalian yang mau sedikit mix and match kemaja dan kaus kalian agar tampilan kalian gak monoton. Dan 5 outerwear ini bisa kalian pake untuk cuaca yang panas atau saat hujan, bisa juga buat dipakai didalam atau diluar ruangan dan sesuai kebutuhan pemakainya :

5 Must have Outerwear for men

  1. Parka Jacket


Jacket yang diadpatasi dari pakaian militer ini cocok banget buat kalian yang suka beraktivitas diluar ruangan dan cocok digunakan saat musim penghujan tiba. Padukan parka favoritmu dengan T-shirt polos dengan jeans hitam plus sneaker atau  boots milik kalian.

 

 

  1. Jacket Jeans

Buat kamu yang suka dengan hal yang simple, jacket jeans solusinya. Jacket ini bisa dipakai disegala kondisi atau disaat ingin tampil casual.  Cukup dengan menggunakan kaos band favorite atau polos, celana jeans atau jogger pants dan white shoes akan menampilkan kesan santai dan trendy.

  1. blazer

Siapa yang gak tau dengan salah satu fashion item satu ini? Yep! casual than tuxedo more than jacket. Nah, buat kalian yang ingin tampil casual formal, blazer adalah pilihannya. Fashion item ini bisa kamu mix and match dengan kemeja atau t-shirt, dipaduin dengan celana bahan atau chinos dan loafers atau monk strap favorite kalian.

  1. Leather jacket

Leather jacket atau jaket kulit ini adalah hot item for men. Leather jaket adalah solusi fashion items yang selalu bisa diandelin disetiap saat seperti jacket jeans. Kalian yang ingin tampil casual dan manly bisa banget paduin jaket kulit favorite kalian dengan t-shirt putih dan celana jeans hitam berserta boots favorite kalian.

  1. Hoodie

Hoodie, outerwear yang bener-bener simple dan alternative buat kalian yang ingin tampil sporty dan santai. Kalian bisa mix and match hoodie favorite kalian dengan kaos yang berbahan tipis, jogger pants dan sneakers favorite kalian. You’ll look sporty and trendy at same times.

Sekian tips dari aku, sebenernya masih banyak banget pilihan outerwear yang bisa jadi refrensi atau tambahan fashion items dilemari kalian. Tapi 5 outerwear diatas sudah cukup mewakili kebutuhan kalian dan termasuk fashion items yang gak out of season. Semoga tips-tips diatas dapat membantu kalian yang ingin tampil beda saat ngedate, ngampus, kerja  atau hang out.  Terimakasih juga sudah membaca blog aku.

See you in next article, bye!

Picture source by: http://theidleman.com/mens-street-style/